Negara Jepang terkenal dengan berbagai hal, dan mungkin
salah satunya adalah karakteristik dari orang-orang Jepang.
Diantara kalian yang pernah berkunjung ke negara tersebut
pasti sudah bisa menebak-nebak apa saja karakteristik orang-orang Jepang dan
seperti dikutip dari Rocketnews, kali ini seorang pakar bernama Gregory Clark
menjelaskan pendapatnya mengenai karakteristik orang-orang Jepang, dan inilah
beberapa diantaranya:
1.
Mentalitas Kelompok
Menurut Clark, orang Jepang cenderung menempatkan
kepentingan kelompok diatas diri sendiri dan cenderung mengikuti perintah dari
atasan. Menurut Clark hal tersebut sedikit berbahaya, salah satunya bisa dilihat
di tempat kerja mereka.
Salah satu alasan mengapa pegawai Jepang begitu sering
lembur dikarenakan menurut pandangan tradisional apabila mereka meninggalkan
kantor sebelum rekan kerja mereka atau terutama bos mereka meninggalkan kantor,
bahkan ketika mereka telah menyelesaikan tugas mereka.
2.
Kejujuran Terhadap Orang Lain
Apabila kalian ketinggalan barang di sebuah tempat di
Jepang, besar kemungkinan barang kalian tidak akan berpindah tempat dari tempat
tersebut atau dapat kalian temukan di pos polisi terdekat. Hal tersebut juga
diungkapkan oleh Clark, betapa jujurnya orang Jepang dapat dibuktikan dengan
hal yang terlihat sederhana tersebut.
3. Tertib
dan Bersih
Contoh paling nyata dari karakteristik ini adalah betapa
rapihnya antrian di Jepang. Selain itu juga apabila kalian berkunjung ke hotel
dan kebingungan ketika melihat toilet kalian penuh dengan tombol-tombol aneh,
ingatlah, hal tersebut disebabkan anggapan para desainer jepang yang menganggap
hal tersebut penting untuk kebersihan dan orang Jepang menghargai perhatian dan
layanan kebersihan semacam itu.
4. Lebih
Memilih Melakukan Pekerjaan Dengan Tangan
Kontras dengan teknologi-teknologi tinggi Jepang yang diakui
dunia. Jepang masih senang melakukan beberapa hal dengan cara yang tradisional,
salah satu contohnya adalah ketika menulis sebuah lamaran kerja. Apabila di
Indonesia sudah sangat biasa menulis surat lamaran dengan mengetik di komputer,
di Jepang kalian harus membuat surat lamaran tersebut menggunakan tangan dan
pena.
5. Kelompok
dan Gaya Manajerial Keluarga
Berkaitan dengan poin pertama mengenai mentalitas kelompok.
Orang Jepang terkenal dapat bekerja dengan baik di dalam sebuah Kelompok. Juga
perusahaan Jepang sering menyatakan keinginan adanya komunikasi terbuka antara
pegawai biasa dengan manajernya dan hal tersebut mempengaruhi desain interior
kantor.
Di Jepang, kebanyakan Manajer tidak memiliki ruangan kantor
terpisah dari bawahan mereka. Malahan, seluruh kelompok duduk di dalam ruangan
yang sama dan bahkan tidak jarang di meja yang sama.
6. Pentingnya Rasa
Malu
Di Jepang salah satu hinaan terberat yang bisa kalian
berikan kepada seseorang adalah dengan mengatakan “haji shirazu,” atau “kamu
tidak memiliki rasa malu.” Sekali lagi hal ini berhubungan dengan mentalitas
kelompok yang kuat. Orang Jepang biasanya khawatir apakah tindakan yang mereka
lakukan dapat mempengaruhi orang lain, dan karenanya ketika terjadi sebuah
kesalahan, hal tersebut harus ditanggapi dengan serius.
Sehingga tidak mengherankan bahwa orang Jepang memiliki
empat kata umum yang bisa digunakan untuk mengatakan “Aku minta maaf” (Gomen
nasai, Sumimasen, Osore iremasu, dan Moshiwake Gozaimasen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar